Sunday, April 24, 2016

CARA MENEMUKAN TANGGA NADA MOL (b)

Setelah membahas bagai mana cara mendapatkan nada dasar kres (#) pada tulisan sebelumnya, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan tangga nada mol (b). 

Cara menemukan tangga nada 1 mol (b) pada dasarnya sama dengan cara menemukan tangga nada 1 kres (#) yaitu dengan kembali lagi ke tangga nada natural, hanya saja yang berbeda adalah pada nada keberapa yang harus diambil, misal pada tangga nada 1 kres kita mengambil nada ke 5 dari tangga nada C natural maka pada tangga nada 1 mol kita mengambil nada ke 4. 

TANGGA NADA 1b
Kita lihat terlebih dahulu tangga nada C natural ( C, D, E, F, G, A, B, C ) kemudian kita ambil nada ke 4 dari tangga nada C natural tersebut, jika kita hitung maka nada keempat dari C adalah nada F dengan begitu kita telah mendapatkan nada dasar pada tangga nada 1 mol (b) yaitu F.
maka tangga nada 1 mol (b) dimulai dari F, G, A, B, C, D, E, F, setelah itu untuk menentukan nada yang dikurangi setengah atau di mol kan dengan cara menurunkan nada ke 4 dari F, nada keempat dari F adalah nada B maka nada B berubah menjadi Bb.  sehingga nada-nada pada tangga nada 1b adalah (F, G, A, Bb, C, D, E, F). sedangkan progresi akornya adalah sbb:

PROGRESI AKOR PADA TANGGA NADA 1 MOL (b)
Progresi akor pada tangga nada ini sama seperti pada tangga nada 1# yaitu , akor I, IV, V adalah akor mayor, ii, iii, vi minor serta VIIdim  adalah diminis 

CONTOH 
Akor I adalah F mayor dengan triad F, A, C 
Akor ii adalah G minor dengan triad G, Bb, D 
Akor iii adalah A minor dengan triad A, C, E 
Akor IV adalah Bb mayor dengan triad Bb, D, F 
Akor V adalah C mayor dengan triad C, E, G 
Akor vii adalah D minor dengan triad D, F, A 
Akor VIIdim adalah E diminis dengan triad E, G, Bb

TANGGA NADA 2b
Untuk membuat tangga nada 2b caranya cukup gampang sama seperti cara pada tangga nada 1b hanya saja kita tidak lagi menggunakan tangga nada C natural tetapi menggunakan tangga nada 1b yang telah didapatkan sebelumnya. 
Kita akan kembali pada tangga nada 1b yaitu (F, G, A, Bb, C, D, E, F) kemudian kita ambil nada ke 4 dari F yaitu Bb,  maka tangga nada 2b dimulai dari Bb, C, D, E, F, G, A, Bb setelah kita menemukan nada dasar maka kita mencari nada yang diturunkan setengan atau di mol kan dengan cara menurunkan nada ke 4 dari Bb yaitu E dengan itu kita telah menemukan tangga nada 2b dengan nada-nada (Bb, C, D, Eb, F, G, A, Bb).

Progresi akornya sama seperti pada tangga nada 1b 

Untuk mencari tangga nada 3b dan seterusnya gunakan cara diatas, semoga tulisan ini bermanfaat.


No comments:

Post a Comment