Thursday, April 21, 2016

CARA MEMBENTUK AKOR C MAYOR PADA GITAR


Kali ini kita akan membahas tentang bentuk akor pada instrumen gitar. Gitar merupakan alat musik harmonis dan melodis, selain bisa memainkan melodi gitar juga bisa memainkan akor. Didalam pembentukan akor pada gitar ada beberapa cara dan beberapa bentuk untuk itu kita mencoba menggunakan sistem yaitu sistem 1 6 dan 1 5, sistem 1 6 yang dimaksud adalah senar 1 dan senar 6 tidak dibunyikan atau di mute, begitu juga 1 5 yang berarti senar 1 dan 5 tidak di bunyikan. Tetapi sistem tersebut biasa digunakan pada pembentukan akor akor 7 atau seven chord (X7). Pada basic chord atau akor dasar kemungkinan semua senar yang ada pada gitar dibunyikan.

Seperti yang sudah kita ketahui tiap senar pada gitar sudah ditala dengan nada ( senar 1 E, senar 2 B, senar 3 G, senar 4 D, senar 5 A dan senar 6 E) "ingat menghitung senar dari bawah sampai keatas".

sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/523d6319a3cb171f2d000001/tips-main-gitar/
gambar 1. nada-nada pada setiap fret 

Gambar di atas adalah nada-nada pada setiap senar. Jadi kita terlebih dahulu mengetahui nada-nada pada setiap fret. 

 
sumber: https://adiwibawagde.wordpress.com/2010/12/02/cara-mudah-belajar-memainkan-gitar/
gambar 2. bentuk akor C mayor 

Contoh akor C mayor pada gitar 
Angka 1, 2 dan 3 pada gambar diatas adalah jari yang digunakan, 1 jari telunjuk, 2 jari tengah dan 3 jari manis. 

Untuk membuat akor C mayor nada-nada yang diperlukan adalah nada C, E dan G, atau nada 1, 3 dan 5. 

Jika kita lihat pada gambar 2, nada pada jari 1 atau jari telunjuk adalah nada C, pada jari 2 adalah nada E dan jari 3 adalah nada C, berarti nada-nada pada jari tersebut hanya memiliki nada C dan E saja, sedangkan didalam pembentukan akor C mayor kita juga memerlukan nada G. Pertanyaannya adalah bagai mana kita mendapatkan nada G. sebenarnya nada G berada pada open string pada senar 3, jadi tidak perlu repot-repot untuk mencari dimana nada G. pada senar 1 posisi open string adalah nada E jadi biarkan saja nada pada senar 1 tetap dibunyikan.

(catatan. berbeda dengan nada yang ada pada open string pada senar 6, hindari nada tersebut untuk dibunyikan, didalam akor terdapat pembalikan atau biasa disebut inversi, inversi adalah pembalikan nada misal Akor C yang menjadi nada dasar adalah nada C sedangkan isi dari akor C adalah C E dan G, jika bass dibunyikan dengan nada E maka terjadi inversi. untuk basic chord usahakan bass berada pada nada dasar untuk mempertegas akor tersebut.)

Demikian cara membentuk akor C mayor pada gitar, untuk membentuk akor yang lain gunakan cara tersebut. semoga bermanfaat 

No comments:

Post a Comment