Friday, April 22, 2016

CARA MENEMUKAN TANGGA NADA KRES (#) DAN PROGRESI AKORNYA

Selain tangga nada natural mayor dan minor, ada juga yang disebut dengan tangga nada 1# hingga 7#. Cara menemukan tangga nada 1# adalah dengan cara sebagai berikut:

TANGGA NADA 1#
Kita kembali pada tangga nada natural yaitu C=1, D=2, E=3, F=4, G=5, A=6, B=7, C=1. Jika ditulis dengan angka maka do=C 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7. Untuk mendapatkan tangga nada 1# kita cukup menggunakan nada ke 5 dari C yaitu G, dengan itu kita telah menemukan nada dasar dari tangga nada 1#  yaitu G setelah itu kita mencari nada yang harus di naikan setengah (#) caranya adalah dengan mengubah nada ke 7 dari G yang telah kita dapatkan sebelumnya menjadi (#) nada ke 7 dari G adalah F, jadi (G=1, A=2, B=3, C=4, D=5, E=6, F#=7, G=1).  

Jadi tangga nada 1# adalah tangga nada yang dimulai dari nada (G, A, B, C, D, E, F#, G) didalam tangga nada ini terdapat satu nada yang dinaikan setengah (#) yaitu F#.

Tangga nada 1# juga mempunyai progresi akor sendiri, untuk membuat akor dengan tangga nada ini sama dengan cara membuat akor pada tangga nada C mayor dan A minor yang telah ditulis sebelumnya.

 PROGRESI AKOR PADA TANGGA NADA 1#
Didalam progresi akor terdapat akor mayor, minor dan diminis, yang jadi masalah adalah akor apa saja yang menjadi akor mayor dan akor apa saja yang menjadi akor minor serta akor apa yang menjadi akor diminis?

Didalam penulisan progresi akor terdapat tingkatan akor yaitu tingkan I, ii, iii, IV, V, vi, VIIdim. Didalam tangga nada 1# akor tingkat I adalah G, ii adalah A, iii adalah B, IV adalah C, V adalah D, vii adalah E dan VIIdim adalah F# 
Didalam penulisan mayor selalu menggunakan hiruf besar sedangkan minor huruf kecil. 

RUMUSNYA ADALAH:
AKOR I, IV DAN V ADALAH AKOR MAYOR 
AKOR ii, iii dan vii ADALAH AKOR MINOR 
AKOR VIIdim ADALAH AKOR DIMINIS 

CONTOH 
Akor I adalah G mayor dengan triad G, B, D 
Akor ii adalah A minor dengan triad A, C, E 
Akor iii adalah B minor dengan triad B, D, F# 
Akor IV adalah C mayor dengan triad C, E, G 
Akor V adalah D mayor dengan triad D, F#, A 
Akor vii adalah E minor dengan triad E, G, B 
Akor VIIdim adalah F# diminis dengan triad F#, A, C


TANGGA NADA 2# 
Bagai mana cara menemukan tangga nada 2# ?
Caranya sama, setelah mendapatkan tangga nada 1# yaitu G=1, A=2, B=3, C=4, D=5, E=6, F#=7, G=1. rumusnya sama seperti sebelumnya yaitu nada ke 5 dari tangga nada 1#, nada ke 5 dari tangga nada 1# adalah nada D. Dengan demikian nada-nada pada tangga nada 2# adalah D=1, E=2, F#=3, G=4, A=5, B=6, C=7, D=1. Jangan lupa menaikan setengah nada ke 7 dari D yaitu nada C menjadi C#. 

Jadi tangga nada 2# adalah tangga nada yang dimulai dari nada (D, E, F#, G, A, B, C#, D) didalam tangga nada 2# terdapat 2 nada yang dinaikan setengah yaitu F# dan C# sehingga tangga nada yang dimulai dari nada dasar D ini disebut tangga nada 2#.

Untuk mendapatkan tangga nada 3# dan seterusnya gunakan cara-cara diatas, semoga bermanfaat. 
    

5 comments:

  1. Kaga paham atau emang ga bakat di musik ye...hahai nyanyi aja sumbang mau belajar musik ya bimbang wkwkw

    ReplyDelete
  2. Bantu dong ngisinya

    ReplyDelete